Senin, 23 Mei 2011

metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika

Bagaimana cara belajar matematika yang benar?”
“Belajar matematika adalah belajar hidup. Matematika adalah jalan hidup.”
Trachtenberg mempertaruhkan jiwanya menentang Hitler. Trachtenberg, setelah menyelami prinsip-prinsip matematika, menyimpulkan bahwa prinsip kehidupan adalah keharmonisan. Peperangan yang terus berkobar, menyulut kebencian tidak sesuai dengan prinsip-prinsip matematika. Matematika adalah keindahan.
Atas penentangannya ini, Hitler menghadiahi Trachtenberg hukuman penjara. Bagi Trachtenberg, perjara bukan apa-apa. Di dalam penjara, dia justru memiliki kesempatan memikirkan matematika tanpa banyak gangguan. Karena sulit mendapatkan alat tulis-menulis, Trachtenberg mengembangkan pendekatan matematika yang berbasis mental-imajinasi.
Seribu tahun sebelum itu, AlKhawaritzmi mengembangkan disiplin matematika baru: aljabar. AlKharitzmi beruntung hidup dalam lingkungan agama Islam yang kuat. Ajaran Islam, secara inheren, menuntut keterampilan matematika tingkat tinggi. Misalnya, Islam menetapkan aturan pembagian waris yang detil. Pembagian waris sistem Islam melibatkan banyak variabel matematis. Variabel-variabel yang beragam ini menantang penganut Islam – termasuk AlKhawaritzmi – untuk mencari pemecahan yang elegan.
Pemecahan terhadap sistem persamaan yang melibatkan banyak variabel ini membawa ke arah disiplin baru matematika: aljabar. AlKhawaritzmi menulis buku khusus tentang aljabar yang sangat fenomenal. Buku yang berjudul Aljabar ini menjadi panutan bagi matematikawan seluruh dunia. Sehingga nama AlKhawaritzmi menjadi dikenal sebagai Aljabar AlKhawaritzmi (Algebra Algorithm).
Sistem kalender Islam yang berbasis pada komariah (bulan, lunar) memberikan tantangan tersendiri. Penetapan awal bulan menjadi krusial di dalam Islam. Berbeda dengan kalender syamsiah (matahari, solar). Dalam kalender syamsiah, kita tidak begitu sensitif apa berbedaan tanggal 1 Juni dengan 2 Juni. Tetapi pada sistem komariah, perbedaan 1 Ramadhan denga 2 Ramadhan berdampak besar.
Itulah sebabnya, astronomi Islam dapat maju lebih awal. Astronomi memicu lebih berkembangnya teori trigonometri. Aturan sinus, cosinus, dan kawan-kawan berkembang pesat di tangan para astronom Islam waktu itu.
Ajaran agama Islam adalah jalan hidup. Untuk bisa melaksanakan ajaran Islam diperlukan matematika. Matematika menjadi jalan hidup.
Sehebat itukah peran matematika?
Haruskah kita mengambil matematika sebagai jalan hidup?
Tidak selalu! Tidak semua orang perlu mengambil matematika sebagai jalan hidup. Tidak harus semua orang meniru AlKhawaritzmi dan Trachtenberg.
Beberapa orang belajar matematika hanya untuk kesenangan. Beberapa orang yang lain belajar karena kewajiban. Ada pula yang belajar matematika agar naik jabatan. Ada juga agar lulus UN, SPMB, UMPTN. Ada juga untuk menjadi juara.
Masing-masing tujuan, berimplikasi kepada cara belajar matematika yang berbeda. Misalnya bila Anda belajar matematika untuk kepentingan lulus UN, SPMB, UMPTN 2008 akan berbeda dengan belajar untuk memenangkan olimpiade matematika.
Matematika UN, SPMB, UMPTN 2008 hanya menerapkan soal pilihan ganda. Implikasinya Anda hanya dinilai dari jawaban akhir Anda. Proses Anda menemukan jawaban itu tidak penting. Jadi Anda harus memilih siasat yang cepat dan tepat.
Gunakan berbagai macam rumus cepat dalam matematika. Rumus cepat ampuh Anda gunakan untuk UN, SPMB, UMPTN. Tetapi rumus cepat matematika tidak akan berguna untuk olimpiade atau kuliah kalkulus kelak di perguruan tinggi. Anda harus sadar itu.
Contoh rumus cepat matematika yang sering (hampir selalu) berguna ketika UN, SPMB, UMPTN adalah rumus tentang deret aritmetika.
Contoh soal:
Jumlah n suku pertama dari suatu deret adalah Sn = 3n^2 + n. Maka suku ke-11 dari deret tersebut adalah…
Tentu ada banyak cara untuk menyelesaikan soal ini.
Cara pertama, tentukan dulu rumus Un kemudian hitung U11. Cara ini cukup panjang. Tetapi bagus Anda coba untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konsep deret. Rumus Un dapat kita peroleh dari selisih Sn – S(n-1) .
Cara kedua, sedikit lebih cerdik dari cara pertama. Kita tidak perlu menentukan rumus Un. Karena kita memang tidak ditanya rumus tersebut. Kita langsung menghitung U11 dengan cara menghitung selisih
S11 – S10 = U11
[3(11^2) + 11] – [3(10^2) + 10]
= 3.121 – 3.100 + 11 – 10
= 3.21 + 1
= 64
Cara ketiga, adalah rumus matematika paling cepat dari kedua rumus di atas. Tetapi sebelum menerapkan cara ketiga, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu dengan baik.
Are you ready?
Bentuk baku dari n suku pertama deret aritmetika adalah
Sn = (b/2)n^2 + k.n
Un = b(n-1) + a
a = S1 = U1
Anda harus pahami konsep di atas dengan baik. Cobalah untuk beberapa soal yang berbeda-beda. Tanpa pemahaman konsep yang baik, rumus cepat ini akan berubah menjadi rumus berat.
Dengan hanya melihat soal (tanpa menghitung di kertas) bahwa
Sn = 3n^2 + n
Kita peroleh
b = 6 (dari 3 x 2)
a = 4 (dari S1 = 3 + 1)
U11 = 6.10 + 4 = 64 (Selesai)
Semua perhitungan di atas dapat kita lakukan tanpa menggunakan alat tulis. Semua kita lakukan hanya dalam imajinasi kita. Ulangi beberapa kali. Anda pasti akan menguasainya dengan baik.
Trik untuk menguasai rumus cepat matematika adalah kuasai pula rumus standarnya – rumus biasanya. Dengan menguasai dua cara ini Anda akan semakin terampil menggunakan rumus cepat matematika.
Bagaimana pendapat Anda?
Salam hangat….Selamat berjuang Kawan!

Jumat, 20 Mei 2011

SIMBOL SIMBOL MATEMATIKA

Simbol matematika dasar

Simbol
Nama Penjelasan Contoh
Dibaca sebagai
Kategori
=
kesamaan x = y berarti x and y mewakili hal atau nilai yang sama. 1 + 1 = 2
sama dengan
umum
Ketidaksamaan xy berarti x dan y tidak mewakili hal atau nilai yang sama. 1 ≠ 2
tidak sama dengan
umum
<

>
ketidaksamaan x < y berarti x lebih kecil dari y.

x > y means x lebih besar dari y.
3 < 4
5 > 4
lebih kecil dari; lebih besar dari
order theory


inequality x ≤ y berarti x lebih kecil dari atau sama dengan y.

x ≥ y berarti x lebih besar dari atau sama dengan y.
3 ≤ 4 and 5 ≤ 5
5 ≥ 4 and 5 ≥ 5
lebih kecil dari atau sama dengan, lebih besar dari atau sama dengan
order theory
+
tambah 4 + 6 berarti jumlah antara 4 dan 6. 2 + 7 = 9
tambah
aritmatika
disjoint union A1 + A2 means the disjoint union of sets A1 and A2. A1={1,2,3,4} ∧ A2={2,4,5,7} ⇒
A1 + A2 = {(1,1), (2,1), (3,1), (4,1), (2,2), (4,2), (5,2), (7,2)}
the disjoint union of … and …
teori himpunan
kurang 9 − 4 berarti 9 dikurangi 4. 8 − 3 = 5
kurang
aritmatika
tanda negatif −3 berarti negatif dari angka 3. −(−5) = 5
negatif
aritmatika
set-theoretic complement A − B berarti himpunan yang mempunyai semua anggota dari A yang tidak terdapat pada B. {1,2,4} − {1,3,4}  =  {2}
minus; without
set theory
×
multiplication 3 × 4 berarti perkalian 3 oleh 4. 7 × 8 = 56
kali
aritmatika
Cartesian product X×Y means the set of all ordered pairs with the first element of each pair selected from X and the second element selected from Y. {1,2} × {3,4} = {(1,3),(1,4),(2,3),(2,4)}
the Cartesian product of … and …; the direct product of … and …
teori himpunan
cross product u × v means the cross product of vectors u and v (1,2,5) × (3,4,−1) =
(−22, 16, − 2)
cross
vector algebra
÷

/
division 6 ÷ 3 atau 6/3 berati 6 dibagi 3. 2 ÷ 4 = .5

12/4 = 3
bagi
aritmatika
square root x berarti bilangan positif yang kuadratnya x. √4 = 2
akar kuadrat
bilangan real
complex square root if z = r exp(iφ) is represented in polar coordinates with -π < φ ≤ π, then √z = √r exp(iφ/2). √(-1) = i
the complex square root of; square root
Bilangan kompleks
| |
absolute value |x| means the distance in the real line (or the complex plane) between x and zero. |3| = 3, |-5| = |5|
|i| = 1, |3+4i| = 5
nilai mutlak dari
numbers
!
factorial n! adalah hasil dari 1×2×...×n. 4! = 1 × 2 × 3 × 4 = 24
faktorial
combinatorics
~
probability distribution X ~ D, means the random variable X has the probability distribution D. X ~ N(0,1), the standard normal distribution
has distribution
statistika




material implication AB means if A is true then B is also true; if A is false then nothing is said about B.

→ may mean the same as ⇒, or it may have the meaning for functions given below.

⊃ may mean the same as ⇒, or it may have the meaning for superset given below.
x = 2  ⇒  x2 = 4 is true, but x2 = 4   ⇒  x = 2 is in general false (since x could be −2).
implies; if .. then
propositional logic


material equivalence A ⇔ B means A is true if B is true and A is false if B is false. x + 5 = y +2  ⇔  x + 3 = y
if and only if; iff
propositional logic
¬

˜
logical negation The statement ¬A is true if and only if A is false.

A slash placed through another operator is the same as "¬" placed in front.
¬(¬A) ⇔ A
x ≠ y  ⇔  ¬(x =  y)
not
propositional logic
logical conjunction or meet in a lattice The statement AB is true if A and B are both true; else it is false. n < 4  ∧  n >2  ⇔  n = 3 when n is a natural number.
and
propositional logic, lattice theory
logical disjunction or join in a lattice The statement AB is true if A or B (or both) are true; if both are false, the statement is false. n ≥ 4  ∨  n ≤ 2  ⇔ n ≠ 3 when n is a natural number.
or
propositional logic, lattice theory



exclusive or The statement AB is true when either A or B, but not both, are true. AB means the same. A) ⊕ A is always true, AA is always false.
xor
propositional logic, Boolean algebra
universal quantification ∀ x: P(x) means P(x) is true for all x. ∀ n ∈ N: n2 ≥ n.
for all; for any; for each
predicate logic
existential quantification ∃ x: P(x) means there is at least one x such that P(x) is true. ∃ n ∈ N: n is even.
there exists
predicate logic
∃!
uniqueness quantification ∃! x: P(x) means there is exactly one x such that P(x) is true. ∃! n ∈ N: n + 5 = 2n.
there exists exactly one
predicate logic
:=



:⇔
definition x := y or x ≡ y means x is defined to be another name for y (but note that ≡ can also mean other things, such as congruence).

P :⇔ Q means P is defined to be logically equivalent to Q.
cosh x := (1/2)(exp x + exp (−x))

A XOR B :⇔ (A ∨ B) ∧ ¬(A ∧ B)
is defined as
everywhere
{ , }
set brackets {a,b,c} means the set consisting of a, b, and c. N = {0,1,2,...}
the set of ...
teori himpunan
{ : }

{ | }
set builder notation {x : P(x)} means the set of all x for which P(x) is true. {x | P(x)} is the same as {x : P(x)}. {n ∈ N : n2 < 20} = {0,1,2,3,4}
the set of ... such that ...
teori himpunan



{}
himpunan kosong berarti himpunan yang tidak memiliki elemen. {} juga berarti hal yang sama. {n ∈ N : 1 < n2 < 4} =
himpunan kosong
teori himpunan


set membership a ∈ S means a is an element of the set S; a ∉ S means a is not an element of S. (1/2)−1 ∈ N

2−1 ∉ N
is an element of; is not an element of
everywhere, teori himpunan


subset A ⊆ B means every element of A is also element of B.

A ⊂ B means A ⊆ B but A ≠ B.
A ∩ BA; Q ⊂ R
is a subset of
teori himpunan


superset A ⊇ B means every element of B is also element of A.

A ⊃ B means A ⊇ B but A ≠ B.
A ∪ BB; R ⊃ Q
is a superset of
teori himpunan
set-theoretic union A ∪ B means the set that contains all the elements from A and also all those from B, but no others. A ⊆ B  ⇔  A ∪ B = B
the union of ... and ...; union
teori himpunan
set-theoretic intersection A ∩ B means the set that contains all those elements that A and B have in common. {x ∈ R : x2 = 1} ∩ N = {1}
intersected with; intersect
teori himpunan
\
set-theoretic complement A \ B means the set that contains all those elements of A that are not in B. {1,2,3,4} \ {3,4,5,6} = {1,2}
minus; without
teori himpunan
( )
function application f(x) berarti nilai fungsi f pada elemen x. Jika f(x) := x2, maka f(3) = 32 = 9.
of
teori himpunan
precedence grouping Perform the operations inside the parentheses first. (8/4)/2 = 2/2 = 1, but 8/(4/2) = 8/2 = 4.

umum
f:XY
function arrow fX → Y means the function f maps the set X into the set Y. Let fZ → N be defined by f(x) = x2.
from ... to
teori himpunan
o
function composition fog is the function, such that (fog)(x) = f(g(x)). if f(x) = 2x, and g(x) = x + 3, then (fog)(x) = 2(x + 3).
composed with
teori himpunan

N

Bilangan asli N berarti {0,1,2,3,...}, but see the article on natural numbers for a different convention. {|a| : a ∈ Z} = N
N
Bilangan

Z

Bilangan bulat Z berarti {...,−3,−2,−1,0,1,2,3,...}. {a : |a| ∈ N} = Z
Z
Bilangan

Q

Bilangan rasional Q berarti {p/q : p,q ∈ Z, q ≠ 0}. 3.14 ∈ Q

π ∉ Q
Q
Bilangan

R

Bilangan real R berarti {limn→∞ an : ∀ n ∈ N: an ∈ Q, the limit exists}. π ∈ R

√(−1) ∉ R
R
Bilangan

C

Bilangan kompleks C means {a + bi : a,b ∈ R}. i = √(−1) ∈ C
C
Bilangan
infinity ∞ is an element of the extended number line that is greater than all real numbers; it often occurs in limits. limx→0 1/|x| = ∞
infinity
numbers
π
pi π berarti perbandingan (rasio) antara keliling lingkaran dengan diameternya. A = πr² adalah luas lingkaran dengan jari-jari (radius) r
pi
Euclidean geometry
|| ||
norm ||x|| is the norm of the element x of a normed vector space. ||x+y|| ≤ ||x|| + ||y||
norm of; length of
linear algebra
summation k=1n ak means a1 + a2 + ... + an. k=14 k2 = 12 + 22 + 32 + 42 = 1 + 4 + 9 + 16 = 30
sum over ... from ... to ... of
aritmatika
product k=1n ak means a1a2···an. k=14 (k + 2) = (1  + 2)(2 + 2)(3 + 2)(4 + 2) = 3 × 4 × 5 × 6 = 360
product over ... from ... to ... of
aritmatika
Cartesian product i=0nYi means the set of all (n+1)-tuples (y0,...,yn). n=13R = Rn
the Cartesian product of; the direct product of
set theory
'
derivative f '(x) is the derivative of the function f at the point x, i.e., the slope of the tangent there. If f(x) = x2, then f '(x) = 2x
… prime; derivative of …
kalkulus
indefinite integral or antiderivative ∫ f(x) dx means a function whose derivative is f. x2 dx = x3/3 + C
indefinite integral of …; the antiderivative of …
kalkulus
definite integral ab f(x) dx means the signed area between the x-axis and the graph of the function f between x = a and x = b. 0b x2  dx = b3/3;
integral from ... to ... of ... with respect to
kalkulus
gradient f (x1, …, xn) is the vector of partial derivatives (df / dx1, …, df / dxn). If f (x,y,z) = 3xy + z² then ∇f = (3y, 3x, 2z)
del, nabla, gradient of
kalkulus
partial derivative With f (x1, …, xn), ∂f/∂xi is the derivative of f with respect to xi, with all other variables kept constant. If f(x,y) = x2y, then ∂f/∂x = 2xy
partial derivative of
kalkulus
boundary M means the boundary of M ∂{x : ||x|| ≤ 2} =
{x : || x || = 2}
boundary of
topology
perpendicular xy means x is perpendicular to y; or more generally x is orthogonal to y. If lm and mn then l || n.
is perpendicular to
geometri
bottom element x = ⊥ means x is the smallest element. x : x ∧ ⊥ = ⊥
the bottom element
lattice theory
|=
entailment AB means the sentence A entails the sentence B, that is every model in which A is true, B is also true. AA ∨ ¬A
entails
model theory
|-
inference xy means y is derived from x. AB ⊢ ¬B → ¬A
infers or is derived from
propositional logic, predicate logic
normal subgroup NG means that N is a normal subgroup of group G. Z(G) ◅ G
is a normal subgroup of
group theory
/
quotient group G/H means the quotient of group G modulo its subgroup H. {0, a, 2a, b, b+a, b+2a} / {0, b} = {{0, b}, {a, b+a}, {2a, b+2a}}
mod
group theory
isomorphism GH means that group G is isomorphic to group H Q / {1, −1} ≈ V,
where Q is the quaternion group and V is the Klein four-group.